Google Translate

Wednesday, 20 May 2015

Tanya Jawab Penerbitan Buku ke Andi

Sesuai janji, saya tuliskan inti dari pembicaraan kami via bbm dengan P&RD Andi.

Berikut pertanyaan dari saya beserta jawabannya

* Semua tulisan di blog dijadikan buku, apakah mempunyai value?
Kalau soal ada value atau tidak, tergantung apa yang ditulis. Sejauh ini menurut sayamasih bisalah ngumpulin maskah-naskah or tulisan di blog lalu dibukukan . Kalau mau lebih sip lagi, apa yang sudah dimuat  di blog bisa ditambah or dilengkapin biar lebih menarik.

* Untuk proses editing, maksudnya edit naskahnya ?
Editing untuk semua tulisan dari depan sampe belakang. Termasuk pendahuluan, endorsment, kata pengantar, dan tentu saja untuk isi buku utamanya  (kalo berupa artikel, ya artikelnya)

* Harga jual buku ditentukan dari mana ya? Sekitar 100 halaman/50 lembar.
Perkiraan harga jual dari Penerbit. Untuk jumlah halaman biasanya sekitar 1,5 kali naskah dalam bentuk word (kami pakai InDesign untuk layout isi bukunya)

* Buku tersebut dibantu untuk promosi/penjualan ga?
Distribusi dan pemasaran sepenuhnya oleh penulis. Penerbit sama sekali tidak ambil bagian.

* Adakah sponsor ? Karena pemula, cetak 300 ex, terlalu berat. ( untuk bagian ini silahkan menanyakan ke penerbit langsung ya ^^ )
Sponsor kalau ada bisa dicari oleh Penulis. Kalau dari Penerbit  untuk saat ini belum ada sponsor.
BTw, untuk yang saya informasukan via email tadi memang penerbitan jalur khusus yang perlu biaya. Namun kami juga ada penerbitan reguler yang tidak perlu biaya. Tapi proses seleksi lebih ketat sehingga naskah yang masuk diharapkan punya kualitas yang layak diterbitkan dan dipasarkan secara nasional.

Tuesday, 19 May 2015

Terbitin Buku Indie

Berikut Ulasan chating via ym hari ini mengenai penerbitan buku Indie. Gw takut lupa jadinya gw tulis di blog aja,sekalian nebar2 info, siapa tau para blogger mau nerbitin buku Indie sesuai kantong hehe. Gw chat sama penerbit Leutika Prio. Besok gw share untuk pembicaraan dengan penerbit Andi yah...
Semoga bermanfaat ^^

motik_lentik: hi
motik_lentik: bisa nanya2 untuk penerbitan buku indie
motik_lentik: mini express?
leutikaprio: Selamat Siang
leutikaprio: Bisa, Ada yang masih bingung soal penjelasan paket mini ekspress?
motik_lentik: Selamat Siang
motik_lentik: iya masih bingung
motik_lentik: 1. Saya ingin membukukan artikel di blog saya, bisa?
motik_lentik: 2. untuk halamannya kan 75 halaman, berarti cuma 32,5 lembar: 3. Bisa nambah jadi 40 halaman ga ya?
leutikaprio: utk mini ekspress ketentuannya maksimal naskah yang dikirim adalah 75 halaman ms word sesuai format yang ditentukan oleh leutikaprio yakni; A4, Times New Roman 12, spasi 1.5 dengan margin 3-3-3-3 cmatau 1,18 inci untuk setiap sisi.
leutikaprio: Naskah di atas 75 halaman sesuai format masuk paket ekspress dg biaya Rp 1.000.000
leutikaprio: 75 halaman merupakan keseluruhan halaman naskah fiks dari penulis
motik_lentik: ooow oke
motik_lentik: harga jual bukunya berapa ?
leutikaprio: harga jual buku ditentukan berdasarkan jumlah halaman buku setelah layout
motik_lentik: bisa tau perkiraan harga jual untuk buku mini ekspress?
leutikaprio: jika naskah yang dikirim maksimal yakni 75 halaman, setelah layout kira2 dikali 1,5nya jadi 112 halaman
leutikaprio: kemungkinan harga jualnya sekitar rp 29.700/ eks
motik_lentik: ooww jadi 112 halaman, saya kira jadinya 75 hal aja.. ic
motik_lentik: buku terbitnya dikasih 1 ex, kalo misalnya saya minta tambah menjadi 5, dikenai biaya per buku ?
leutikaprio: 75 halaman merupakan format naskah masuk, setelah proses penerbitan naskah akan menjadi 1,5 kali dr jml halaman awal. 
motik_lentik: lalu kalau ada yang pesan hanya 1 buku saja, harganya per buku juga?
leutikaprio: tergantung harga / eks, jika harga buku 29.700, tinggal dikali 5 kemudian di cek apakah sudah masuk tarif diskon kami, jika sudah ada diskon utk setiap pembelian buku
leutikaprio: harga tsb belum termasuk ongkir
motik_lentik: oowww oke
motik_lentik: nanti dari leu ikut bantu pemasaran juga?
motik_lentik: kalo seandainya bukunya bisa diterbitkan skala banyak, via leu juga ya?
leutikaprio: seperti yg sudah kami cantumkan di website bagian paket penerbitan, fasillitas di dalam paket termasuk publish di web, dan seluruh jejaring sosial kami, pada saat jadwal buku publish

Monday, 18 May 2015

tulisan ngasal hahahaa

Gw udah mikir trs juga doa-doa, tanya sana sini, dan akhirnya gw putusin buat segera menerbitkan buku ^^.
Referensi buku udah gw dapetin, gw ga nyangka buku tersebut ditulis oleh Pak Eddy Nugroho, buku beliau sudah pernah gw beli dan sampe detik ini gw masih mengingat buku itu. Di stok ada 9 buku, tapi gw cuma ketemu 1 buku itu yang udah ga berplastik lagi. 2 orang pegawai toko tersebut juga udah membantu mencari, tapi ga ketemu. Gw sih ga masalah,karena buku sejenis itulah yang gw mau buat. Buku itu judulnya "Semua Karena Cinta", dan gw dapetinnya di sela-sela buku-buku yang tebal. Emang berjodoh dengan buku itu hehehe.. Gw baru baca malem pas sebelum tidur, ternyata ada komentar dari Bpk Arie Saptaji di buku itu, dan gw baru diaccept di fb malam itu juga. Mudah-mudahan Pak Arie bis kasih saran ke gw. 
Gw juga udah nanya2 ke salah satu penerbit dan mereka juga minta gw doa sebelum memutuskan penerbitan buku ini. Gw mesti konsultasi ke Bapak Pendeta gw dulu. Mana tau mau jadi sponsor,karena jujur modal gw kagak ada,alias gw modal nekat aja.Yang pasti gw bakal sibuk banget memperbaiki naskah gw.Gw ngetik2 di warung makan gw, jadinya kadang ga konsen. Dari pagi mau nulis tentang ini aja ga jadi jadi krn Puji Tuhan hari ini pelanggan gw pada datang ^^. Udah jam segini, muka gw masih maskeran dan gw mau mandi dulu. Btw, udah ada 2 org yang mau beli buku gw, gw jadi semangat. Waktu gw ga banyak karena menjelang puasa gw bakal sibuk nyiapin menu baru dan kemungkinan warung makan gw rame. Jadi sekarang mesti rajin ngolah waktu demi mencari duit buat bayar hutang-hutang hahahaaa....
Habis nerbitin buku, gw bakal nyari investor yang mau buka restoran di Jakarta. 
Kayaknya gw kepedean akhir2 ini , selama masih bisa pede, pede-pede ajalah..

*tulisan ngasal... 
 

Thursday, 14 May 2015

Doa Gw

Gw sangat berharap doa gw terkabulkan. Gw minta Tuhan Yesus memberi KeDAMAian di antara kami semua atas semua kesalahpahaman yang terjadi. Gw angkat tangan dan gw menyerah secara kemanusiann gw atas masalah ini. Hanya keajaiban Tuhan yang bisa MeLURUSkan tanpa ada lagi LUKA di antara kami.
Semoga dalam hari-hari ke depan Keajaiban itu terjadi.

Mohon Bantuan Doa dari teman-teman semua. Terima Kasih 

Tuhan Yesus,

AnugerahMu tak pernah habis
Engkau sangat baik,

Hanya padaMu aku berserah,
Hanya Engkau tempatku berlindung
Hanya Engkau pertolonganku

Dan semuanya kuserahkan PadaMu

Amin.....  

Pembeli Aneh

Banyak sekali kejadian aneh di warung makan saya yang baru seumur jagung ini. 

Salah satunya, seorang Bapak yang membeli makanan dibungkus lalu pergi dan tak kembali, pada waktu itu saya tidak berada di warung. Hanya seorang pegawaiku yang melayaninya. 

Kedua kalinya seorang bapak-bapak datang dan memesan pempek kapal selam 2 pcs lalu minta dibungkus. Saya sempat memintanya untuk masuk ke dalam warung. Tetapi dia tidak mau dan kemudian ketika pempek sudah digoreng, Bapak itu bilang mau isi bensin dan tak kembali lagi. Pegawaiku baru tersadar ketika Bapak itu pergi. Dan ia yakin Bapak ini adalah Bapak yang waktu itu datang. 

Triknya sama, tidak melepaskan helm dan sibuk melihat kondisi warung dan datang pada malam hari.
 
Siang ini,  seorang Bapak memarkirkan motornya di depan etalase, dan berkata kepada pegawaiku yang lain : Mau pesan,bungkus sambil melihat2 kondisi etalase ." 
Pegawaiku bertanya : mau memesan apa Pak?"
Si Bapak sibuk melihat-lihat. 
Aku yang berada di depan sudah curiga, karena selain ingat wajahnya, dia tidak membuka helm.
Langsung saja aku berteriak sekencang-kencangnya kepada pegawaiku yang lain : 
" Mbak, ambilkan Nota "!!

Apa yang terjadi ??

Si Bapak tanpa bersuara langsung menghidupkan motornya dan pergi, aku sempat mencatat plat nomornya. 
Berarti benar Bapak ini yang telah mempermainkan kami selama 2 kali. Dan dia mencoba peruntunganya untuk ke tiga kalinya dan gagal. 

Entah apa maksud Bapak itu selama ini. 

Ini kesimpulan saya, 

Berikut ciri-ciri orang aneh :
1. Menggunakan sepeda motor saat berbelanja
2. Tidak melepaskan helm 
3. Makanan di bungkus 
3. Rela masuk ke dalam padahal kursi di depan masih kosong
4. Pasti berusaha mendekat ke meja kasir
5. Tidak ada plat pada sepeda motornya
6. Pergi tanpa meninggalkan uang (apabila misi-nya tidak berhasil) 

Jadi cara pencegahannya adalah
1. Berteriak minta nota/ meminta bayaran
2. Cegah orang tersebut masuk ke dalam
3. Apabila sudah di dalam, lihat gerak geriknya sambil memegang barang/minyak panas dll
4. sediakan benda yang bisa digunakan untuk menjaga diri (semprotan air sabun/sapu) 
     yang sulit dijangkau oleh orang yg berada di hadapan meja kasir
5. Berusahalah mengingat setiap orang yang datang 

Semoga cerita saya ini bermanfaat bagi teman-teman yang memiliki usaha kuliner yang tempatnya masih sangat sederhana. 

Entah Bapak mana lagi yang akan datang ke warung saya, saya hanya bisa berdoa dan selalu waspada dan memberikan arahan untuk berhati-hati kepada pegawai saya. 

Dan tetap harus berterima kasih atas kejadian ini ^^.