Google Translate

Tuesday, November 1, 2011

“Precious Lesson” – part 3 - END-


Januari 2011
Dalam perjalanan pulang dari kantor sekitar jam 6 sore, hp-ku berbunyi. Aku mengangkatnya.
“Ya Do… ada apa ?”
“ Kamu lagi di mana Yumai ?”
“ Lagi di jalan otw ke rumah,what’s wrong Do? Telepon jam segini?”
“Ga pa pa… nanti malam siap2 yah,aku jemput,kita makan bubur ayam”
“Hah??????”
“  … jam 8 malem yah”
“Kamu lagi di mana?”
“ Lagi otw bandara ke rumah”
“Hah???????”
“Ga usah banyak Hah… yah dah hati2 di jalan yah”

Aku pun mencubit pipiku, ahhhh sakit,ternyata aku ga sedang bermimpi…berarti Dodo ada di sini. Rasanya jantungku berdetak sama seperti naik tornado di Dufan.  

Jam 8 malam, Dodo tiba di rumah. Segera kutemui ia, dan langsung teriak….
“Dooooo…. Kamu beneran bikin aku syok tau ga,tiba2 nongol begini”
 “Lusa kan kamu wisuda,aku sengaja minta dipercepat hari ini pulangnya, biar bisa hadir dalam wisudamu… selamat yah…calon Akuntan Publik” kata Dodo sambil tertawa.
“Thanks yah Do… atas supportnya selama ini “

Kami makan di bubur ayam,sambil membahas pekerjaannya,kami juga membahas tentang TOEFL-ku.
Membahas pakaian yang akan ia gunakan untuk wisudaku. Ada perasaan nyaman bila di dekatnya,semua beban rasanya terasa ringan. Walau Cuma bicara.

Ketika Pulang, sebelum aku buka pintu mobil, Dodo memberikanku sebuah dress.
“Do..ga salah nih,buat apa dressnya?”
“ Buat dipakai waktu kita dinner di Bale Raos. Katamu di sana ada ada piano live. Sekali2 pakai pakaian formal- lah, Sehabis wisuda kita makan di sana,sekalian penebusan janjiku n sykuran wisudamu”
“Oke….Thanks yah”

Tuhan… terima kasih buat dress yang diberikan Dodo. Aku senang sekali…Dress warna putih….

Finally, aku mendapatkan nomor registrasi untuk gelar akuntan publik. Senangnya,apalagi Dodo saat itu datang membawakanku bunga .

Malam itu kami makan di Bale Roast,dentingan lagu Mandy Moore “I Wanna Be With You” terasa indah sekali.

Ketika aku mengambil minum, tiba2 aku ditabrak seseorang dan air itu tumpah mengenai dress putihku.

“Maafff..”kata orang itu
“Yah sudah tidak apa2…” sambil me-lap dressku  aku menoleh  orangnya
 “Yumai…maapppp…. Kamu sama siapa?”
“Fadely !!! sama Dodo,kamu?”
“Aku baru abis seminar di sini”

Akhirnya kami makan ber4 dengan Fadely dan seorang cowo teman kantor Fadely.

“Yumai dah lama kita ga bertemu yah,terakhir kali yang aku anterin kamu pulang,masih inget ga?” kata Fadely sambil menuangkan teh di gelasku.
“Hah? Oh iya…. Yah udah lama banget”… aku tersenyum
Dianter Fadely, pada waktu dinner dimana  Dodo waktu itu mangajak cewe gumanku
“Aku mau ambil salad dulu yah di sana…”  kataku sambil berdiri
Fadely langsung berdiri :” Kamu duduk aja,biar aku saja yang ambil buat kamu “….
Tanpa aku sempat mengucapkan terima kasih, Fadely sudah berjalan jauh.
Kulihat Dodo hanya senyum-senyum saja. Aku pun tersenyum ke Dodo.
Ketika Fadely datang membawa saladku,Dodo pamit ke toilet, tak lama temannya Fadely pamit pulang. Tinggallah aku dengan Fadely.

“ Yumai,Dodo pulangnya kapan sih?” tanya Fadely
“Seminggu lalu”
“Ohhhh..kamu sering contac dia yah?”
“Iya… sering banget dan Dodo baek banget yah”
“ Ohhhhh…. Trs kapan lagi dia pulang Manado?”
“Ga pulang lagi … dia dipindahtugas ke sini…”
“Wahhh kamu banyak tahu ttg dia yah?”
“iya donkkk”
“muka kamu merah Yumai… hmmmm…. “
“ah kamu bisa aja”….duhhh aku jadi malu.
Dodo yang lama sekali dari toilet pun tiba…
“Wah kalian hepi banget ,cerita apa nih?” kata Dodo sembari duduk
“Ga kita Cuma gurau aja….” Jawab Fadely 

Pulang dari makan malam,kami mampir ke toko buku. Aku ingin membeli kamus bahasa Rusia. Fadely menemaniku mencari kamus tersebut. Dengan cekatannya memilihkan untukku. Aku sesekali melihat Dodo, Dodo dengan asyiknya melihat buku lain. Hmmmm kenapa Dodo tidak ikut menemaniku ?Bukannya Dodo sudah berjanji mau menemaniku? Pertanyaan dalam hatiku.  Setelah mendapatkan kamus, aku dan Fadely mendekati Dodo. Dodo pun menghindari kami dengan berpindah mencari buku lain.

Akhirnya aku memilih untuk membayar di kasir. Kurasakan ada orang yang mengikutiku. Dan ketika kutoleh orang itu adalah Fadely. Saat itu aku melihat Dodo, Dodo hanya terseyum. Aku pun terseyum juga. Lagi-lagi bukan Dodo yang menemaniku membayar di kasir.

“Yumai, kamu ikut saja denganku pulangnya..rumah kita kan searah,Dodo kan jauh”
“hmmmm…terserah sih….”  kasihan juga Dodo udah seharian menemaniku,pasti capek pikirku saat itu….

Dodo tak keberatan . Malam itu aku pulang bersama Fadely. Aku banyak bercerita tentang Dodo ke Fadely,tentang kekagumanku pada Dodo,tentang dukungannya saat aku sedang susah,tentang semua yang membuat aku bahagia. Fadely hanya diam saja waktu aku cerita tentang Dodo,diam sampai aku turun dari mobilnya.

Tuhan… ada perasaan tak enak di hari ini. Kenapa aku merasakan dinner syukuran wisudaku jadi kacau balau yah?? Aduh Tuhannnnn,kenapa jadi Fadely yang terus bersamaku malam ini, kenapa Dodo terlihat cuek sekali kepadaku? Ada apa ini ?

Sejak hari itu, intensitas komunikasiku dengan Dodo semakin jarang. Kemungkinan Dodo sibuk dengan pekerjaan di sini. Aku mencoba memakluminya. Terkadang Dodo pun tak sempat jika aku meminta ia menemaniku untuk pergi ke perpustakaan atau sekedar makan malam.

Ketika ujian ulang TOEFLku berhasil, tanggapan Dodo biasa saja. Pada saat aku mendapat promosi jabatan,Dodo juga biasa aja. Tidak ada lagi motivasi darinya.Semuanya datar.
Keinginan utama untuk ke gereja bersamanya tak tersampaikan. Tiap Minggu aku selalu menoleh ke pintu gereja,berharap Dodo datang. Tapi Dodo tak pernah muncul.


Februari 2011
Tuhan… sudah sebulan ini, jarak aku dan Dodo sudah semakin jauh. Ada apa sebenarnya Tuhan? Apakah kesibuk-annya sampai membuatnya lupa padaku? Bahkan aku sakit pun,ia tidak mempedulikan aku. Kenapa aku tak bergairah untuk menjalani hari2ku tanpanya Tuhan? Apakah aku benar telah jatuh cinta padaNya ? Tuhan…apabila cinta itu ada, tunjukanlah jalan kemana arah cinta ini, Tuhan… biar cintaku ini adalah sama seperti Engkau mencintaiku..tanpa pamrih dan tanpa alasan. Amin….

21 Maret 2011
Hari ini Dodo berulang tahun. BBM-ku yang semalam kukirimkan, baru dibalas pada pagi harinya. Aku bergegas ke toko lukisan. Sudah sebulan lalu aku memesan lukisan foto Dodo pada saat dia snorkeling di pantai Bunaken.

Kemudian aku menuju ke supermarket, membeli mie, ayam,telur,sayuran  dan buahan. Sudah sebulan ini juga aku berlatih memasak mie ulang tahun. Dodo paling suka makan mie goreng ayam dengan telur mata sapi.
Setelah selesai, aku ke parkiran mobilku. 

Aku baru ingat,aku harus  membeli pigura dan kertas kado untuk lukisanku. Aku pun membawa lukisan itu ke dalam mall lagi,mencari toko aksesoris. Lukisan itu terbungkus atas desainku sendiri . Dengan senangnya aku berjalan menuju pintu parkiran. Tiba2 lukisan itu terlepas dari tanganku. Untunglah tangan kiriku sempat menangkapnya sebelum terjatuh. 

Ketika aku meluruskan badanku, aku melihat sosok seseorang di restoran.Kudekati restoran itu,ku-intip dari samping, ternyata benar sosok itu adalah Dodo. Di depannya ada seorang wanita,anggun sekali. Di meja mereka ada “tart” . Mereka terlihat bersenda gurau dengan asyiknya.
Jantungku berdetak semakin kencang. Aku terus melihat mereka,Dodo memotong tart itu lalu memberikan kepada wanita itu, kemudian si wanita itu menyuapkan tart itu ke Dodo. Air mataku mengalir, aku tidak tahan lagi,aku berbalik lalu berjalan secepatnya menuju parkiran mobil.

Tuhannnnn….aku berteriak sekencang2nya di dalam mobilku. Ada apa ini ?????  
Segera kusetir mobilku dengan sekecang-kencangnya….
*****
Kubanting pintu kamarku, lalu aku menangis….

Mama terkejut melihatku,langsung menghampiriku. Aku bercerita dari awal sampai akhir, semuanya ke Mama sambil menangis tersedu-sedu. Mama memelukku lalu berkata  :

“ Menurut mama, telah terjadi kesalahpahaman pada waktu makan malam syukuran wisuda. Tidak seharusnya kamu berdua dengan Fadely,dan tidak sepatutnya kamu pulang bersama Fadely,karena kamu pergi bersama Dodo”
“Tapi… maaa… kan rumah Fadely searah..dan aku ga meminta Fadely untuk terus menemaniku saat itu…yang aku harapkan Dodo” kataku sesegukkan…
“Kelakuan dan hatimu tidak sinkron Yumai…. Orang lain cuma melihat kelakuanmu,tidak sampai ke dalam hatimu.Jika hatimu berkata untuk bersama Dodo,kenapa kelakuanku justru menunjukkan seolah2 kamu enjoy bersama Fadely”
“Aku tak mengerti Ma..kukira biasa aja….”
“Ya sudahlah… jika Dodo benar2 suka padamu,seharusnya dia akan memperjuangkan kamu. Mungkin benar dia Cuma mengganggap kamu hanya sebagai teman dekatnya. Cinta kan ga bisa dipaksakan. Yumai, cinta itu saling memberi dan menerima. Jika hanya ada salah satunya,maka tidak akan terjadi cinta tapi luka. Jadi kamu harus benar2 paham kepada siapa cintamu diserahkan. Sekarang serahkan semua pada Tuhan…biar Roh Kudus yang menghiburmu…lalu istirahatlah…” Mama mencium keningku lalu keluar dari kamarku.

Tuhan…. Hatiku sakit sekali melihat peristiwa tadi. Ternyata benar dugaanku,Dodo telah bersama wanita lain sehingga ia tidak mempedulikan aku lagi. Aku tahu Tuhan, benar aku tak pantas mengharapkan apa2 dari hubunganku dengan Dodo. Kuatkan aku Tuhan…kuatkan aku bila dia bukan untukku,kuatkan aku Tuhan, bila di hari-hari ke depan nanti,tanpa Dodo…..

Sayup2  terdengar lagu ini….
Love of my life
You hurt me,
You broken my heart,
Now you leave me

Love of my life can't you see,
Bring it back bring it back,
Don't take it away from me,
Because you don't know what it means to me
(Queen)

April 2011,
Untuk pertama kalinya aku bangun pagi di hari Sabtu setelah tanggal 21 Maret. Kubuka laptopku,melihat email yang sudah lama tak kubuka. Setelah selesai membaca sebuah email yang menarik ,kumatikan laptop,mandi dan pergi.

Aku menuju ke penjualan tiket pesawat, ke money charge menukar USD, membeli perlengkapan baju musim dingin,dan lain-lain. Tiba di rumah,aku mengemas barang-barangku.

Aku meminta mama,papa dan kakakku berkumpul di ruang tamu.
“Pa,Ma…  aku akan ke Rusia mengambil S2 ku, aku berhasil mendapatkan beasiswa,Minggu Depan aku berangkat “
Mereka hanya diam saja….
“Lho kok pada diam? Hellooo?”
Tiba-tiba mereka kompak memelukku,
“Selamat yah,akhirnya perjuangan beasiswa ke Rusia selama ini berhasil juga" kata Papa....
“Iya nih Pa, aku merasa beruntung sekali,semua udah siap ,aku dah beli tiket ke Moskow,udah beli perlengkapan baju,uang buat polis asuransi, registrasi paspor,dan lain-lain.Perhitunganku,uangku cukup sampai aku menyelesaikan S2.Di sana nanti aku kerja part time di kedutaan,aku juga sudah menghubungi  Sherly,tetangga kita. Sekalian aku bisa ikut Paskah Orthodoks di Rusia “
“ Bukan karena sakit hati kan?”mama bertanya pelan….
“ Sakit hati pasti ada Ma,aku kan punya perasaan juga. Dari pada aku stress di sini,mendingan aku pergi aja menimba ilmu sekalian introspeksi diri menjadi wanita bijak,biar nanti pas ketemu tulang rusukku,aku sudah siap untuk membina sebuah keluarga.Mau belajar seperti ketaatan Rut yang akhirnya ketemu Boas tepat pada waktunya.Tuhan sudah memberikan Dodo buat aku belajar Ma…belajar untuk mendoakan orang yang kita cintai, belajar lebih mengerti lelaki,belajar mengerti apa arti cinta. Cinta yang memberi saja berarti ikut bahagia melihat orang yang kita cintai bahagia.”
 ***********

Sebelum aku berangkat, aku mememandang sekeliling isi kamarku….
Masih tertata pasir pantai Bunaken dalam botolnya di meja kerjaku, masih ada dress putih di lemari kacaku, dan terpajang lukisan foto Dodo di dinding kamarku.

Tuhan…meskipun aku tak bisa memiliki hatinya, aku bahagia dengan pemberian darinya…..Walaupun sekarang dia jauh dariku,aku tidak akan jauh dariMu,tetaplah menjaganya Tuhan,tetaplah kau tutup bungkus dia dengan kuat kuasa darahMu.
Terima kasih Tuhan buat Precious Lesson yang Kau berikan…dan kuserahkan semuanya ke dalam tanganMu ,bersamaMu..ku takkan goyah…

--------------------------------------------------------Selesai--------------------------------------------------------------------------



Thanks to Kartika,Vivie,Gladies,Nini ^^…. 
Big Thanks to Maya Shinta...u know me well ^^
Special Thanks to Google ^^

1 comment:

  1. hmmmm...rupanya precious lesson part 1-3 adalah kisah misteri...
    pemirsa!!!
    siapakah dodo sebenarnya??!!!
    seperti apakah mukanya??!!!
    apakah sehari-hari nya dia pakai celana???
    *abaikan kaliimat terakhir bila berkenan

    v^^v

    ReplyDelete