Google Translate

Wednesday, March 5, 2014

Great ... Mataku Normal !!

Akhirnya dateline untuk lasik telah di depan mata !!
ini ceritanya :

17 Juli 2013 di JEC Menteng pukul 16:00 WIB

1.  screening mata
     melakukan beberapa cek mata
     semua hasilnya ok
2. persiapan lasik
     a.mataku dibersihkan lalu diberikan obat mata kemudian ditetesin obat bius
     b. menggunakan pakaian operasi
     c. menuju ruang operasi
     d. berbaring di t4 operasi

Aku ketakutan,kakiku lemas,badanku kejang2. Asisten dokter dan suster sibuk menenangkan aku.
Aku diharuskan bersikap pasrah dan konsentrasi,karena operasi ini membutuhkan kerjasama anatra dokter dan pasien. Dokter yg melakukan operasi dan pasien harus mengikuti petunjuk dokter agar lasik bisa tepat. Tak lama dokterku datang,lega rasanya, dia menenangkan aku, dan aku pun mulai rileks.

3. Kami berdoa bersama sebelum operasi
     " Tuhan Yesus sertai operasi ini " ....doaku dalam hati
4. Operasi/Lasik di mulai
     Mata kananku menjadi yg pertama
     a. mataku dikasih alat penyangga agar tidak bisa menutup mata
     b. pembukaan flap...rasanya putih2 aja,trs kek ada bau terbakar,n ga sakit sama sekali..cuma 7 menit-an          aja dan selesai. Proses detailnya lupa....hehe.. dibawah ini kutipan dari healthdetik.com
("Tindakan Lasik dimulai dengan membuat lapisan tipis (flap) pada lapisan permukaan kornea mata. Flap kemudian dibuka dan bagian dalam kornea disinar dengan laser hingga terbentuk permukaan baru. Setelah penyinaran selesai, flap dikembalikan ke posisi semula dan proses Lasik pun selesai," jelas Direktur Medik sekaligus Ketua Cataract & Refractive Surgery Service Jakarta Eye Center (JEC) @ Kedoya, Dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM, dalam konferensi pers di JEC @ Kedoya, Jl Terusan Arjuna Utara No 1 Kedoya, Jakarta, seperti ditulis Minggu (3/2/2013).healthdetik.com )
5. Lanjut mata kiri
     Agak lama karena aku ngantuk sekali, ditambah aku keseringan menutup mata kanan.
     Selama operasi kedua mata harus tetap terbuka untuk melihat fokus sinar pada saat lasik.
     Proses sama persis dengan mata kanan.
6. Selesai operasi
    Disuruh memejamkan mata beberapa menit lalu diperbolehkan membuka mata (tak ada acara perban2 mata seperti di film2 hehehe). Aku dituntun keluar dr ruangan operasi. Sengaja aku tak membuka mataku sampai aku tiba di ruang tunggu pasien, karena aku mau orang yang kulihat pertama kali adalah seseorang yang sudah menungguiku sejak awal persiapan lasik sampai dengan selesai. Setibanya aku membuka mataku, terasa pedih dan orang yang kulihat seperti bersinar2, terang sekali.Kemudian aku melihat jam dinding,pukul 17.00wib, semuanya berjalan sekitar 30 menit..cepat sekali.... aku terharu,ternyata jam dinding itu berwarna warni,sebelum lasik,terlihat jam itu hanya berwarna kuning.
Aku menutup mata lagi...pedih dan tak tahan karena semua terlihat bersinar2...

Sampai di rumah,aku beristirahat... tidur dan meneteskan obat mata sesuai anjuran dokter,obat tetes 2 macam dan 1 macam merupakan air mata buatan. Mataku terasa pedih.

Aku terbangun pukul 21.00 wib. Saat itu aku sudah benar2 tidak merasakan apa2 lagi,semua keperihan dan penglihatan bersinar2 sudah tak ada.Semua terasa jelas dan terang...kubuka jendela kamar, ohhh indahnya lampu taman yg berwarna putih,lalu aku berkeliling rumah, kunaikin tangga satu persatu...rasanya tangganya tidak bergoyang lagi...Tuhan....aku sepertu memiliki kehidupan baru ....terharuuuuuu...

Esoknya, aku periksa mata dan hasilnya sih mataku normal, artinya operasiku berhasil hehehehehe...

Mengenai rincian biaya, silahkan tanya saja langsung ke JEC-nya. Pada waktu zaman saya, ada cicilan dari 2 bank swasta ^^. Ditotal sekitar 25 juta untuk keseluruhannya.

 Yang operasi Dokter Tri Rayahu ...

Kesimpulan : 1. Ga sakit selama lasik
                    2.  Proses lasik satu mata hanya 7 menit, yang membuat lama kemungkinan mata yang ga fokus
                    3. Mata terasa perih selama 4 jam setelah lasik. Setelah itu ga berasa apa-apa
                    4. Ikutin aja aturan dan anjuran dokter setelah lasik, nanti dijelasin dan ga rumit kok

*********
Selamat tinggal kebiasaan bangun pagi meraba-raba mencari kacamata
Selamat tinggal kebiasaan berlama-lama di kmr mandi memasang dan melepaskan rgp/softlens
Selamat tinggal kebiasaan ke mall mencari outlet kacamata untuk beli pencuci rgp
Selamat tinggal ketakutan naik turun tangga
Selamat tinggal untuk kekaburan selama 15 tahun ini...

Ehhhh kok komedo di wajah saya tambah banyak ya.... ternyata selama ini.... ga kelihatan hahahahahhaaa....

**********                  

8 comments:

  1. mbak minus awalnya berapa? sesudah dilasik beneran hilang ya?

    ReplyDelete
  2. waktu sd kelas 6 udah minus 2, s.d sma minus 3, waktu kuliah jadi minus 6, pas sebelum lasik sampe minus 7,5 + cilinder nya ga sampe 1 kayaknya...
    iya sekarang udah normal... ^^

    ReplyDelete
  3. Wah seneng bgt ya mbak..btw umur nya skrg brp mbak? Umur ku baru 20 thn dan kata dokternya tunggu pas kerja aja di lasik biar matanya stabil..tp mahal bgt ya sampe 25jt..tunggu aku nabung bertahun2 lagi T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu lasik umur 29 hehe.... iya tunggu matanya stabil aja, sekalian nabung2 trs rajin2 liat perbandingan harga di semua klinik mata aja... n lihat referensi dari org yg lasik di sana, tanya2 aja kan ga bayar hehehe...

      Delete
  4. mba, sejak mba lasik sampe saat sekarang gak ada keluhan apa2 sama sekali mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah jalan setahun lasik... ga ada keluhan apa2 sih... ^^

      Delete
  5. Mba, sblum lasik, diminta copot softlens brp lama ya?

    ReplyDelete
  6. saya pake-nya hardlens (rgp) jd dicopot 1 bulan, kalo soflens 2 minggu . Selama itu kita pake kacamata

    ReplyDelete