Google Translate

Monday, June 8, 2015

Aku Diberkati Untuk Memberkati Orang Lain

Hampir saja telat tiba di Gereja. Memang cobaan untuk ke gereja terlalu berat. Entah ketiduran, kebawa mimpi, hujan, dan semua itu karena rasa malas. Saya sampai berfikir kalau bisa suatu hari bangun gereja sendiri di sebelah rumah, jadi tak ada alasan untuk tidak bisa ke gereja hehehe....

Kotbah hari ini dibawakan oleh Pdt Daniel Pandji, beliau adalah  Fasilitator Nasional di Jaringan Doa Nasional. 
Banyak kesaksian yang disampaikan oleh beliau,  dan dua kesaksian ini yang membuat saya tak kuasa menahan air mata saya karena selama ini belum berbuat apa-apa buat Tuhan.
 
Pertama, beliau bercerita bahwa ada crew dari suatu televisi swasta yang akan membuat kesaksian mengenai mengenai seseorang yang berdosa kemudian mengenal Tuhan Yesus dan menjadi berkat buat orang lain. Anak rohani Pak Daniel ada mantan narkoba, mantan pelacur, dan mantan-mantan lainnya. Setelah shooting selesai, beliau menanyakan kapan akan ditayangkan dan crew berkata 2 minggu lagi, ditayangkan pada hari Minggu pada pukul 03.00 WIB (subuh). Dalam pikiran beliau, siapa yang akan menonton pada jam segitu ??? (saya yang denger aja bingung kok jam segitu). Dan crew menjawab : Tujuan kami bukan untuk orang Kristen Pak, tetapi buat orang yang pada jam segitu baru pulang dari dugem, yang bertengkar dengan istrinya, tidak bisa tidur, dll... 
Pikiran saya baru terbuka dan mata saya mulai berkaca-kaca. Selama ini saya tidak pernah berfikir sampai sejauh itu. Mulia sekali produser acara itu. 

Kedua, kesaksian mengenai Alm Andrew Chan (terpidana mati Bali Nine kasus penyeludupan 8,2 kg heroin yang ditangkap tanggal 16 April 2005). Pak Daniel mengunjungi Andrew Chan dan banyak mendapat pembelajaran.Pak Pendeta bercerita bahwa Andrew Chan adalah pendoa syafaat. Ia membuat kolam baptis, menjadi ketua misionaris dan membantu anngota keluarga terpidana yang biayanya itu ia dapatkan dari orang-orang yang memberinya uang. Andrew Chan sendiri merasa sudah mati 10 tahun lalu. Dan ketika Pak Daniel meminta Andrew untuk berdoa, Andrew mendoakan Tuhan memberkati Indonesia. Andrew juga menulis surat buat Pak Daniel untuk gereja di Indonesia. Sayangnya saya tidak sempat lagi mencatatnya karena sibuk mengelap air mata saya yang sudah saya tahan-tahan dari tadi. 

Saya tersadar, bahwa walaupun hidup di luar penjara, tetapi tidak pernah melakukan apa yang sudah dilakukan oleh Andrew Chan. Hidup saya tidak lebih baik darinya. 
Akhir-akhir ini, saya tidak lagi mengejar berkat,tetapi menghitung apa yang sudah saya perbuat untuk Tuhan? Apa yang Tuhan kehendaki dalam hidup saya ?   

Seringkali saya bingung, mengapa kejadian buruk menimpa saya. Sampai akhirnya saya mendapatkan pengertian bahwa semua itu untuk menjadi saksi Kristus. 
Bagaimana saya bisa mengerti arti pengampunan jika saya tidak pernah disakiti oleh orang-orang terdekat saya? 
Bagaimana saya bisa mengerti arti ikhlas jika saya tidak pernah kehilangan sesuatu? 
Bagaimana saya bisa mengerti arti setia jika saya tidak pernah dikhianati? 
Dan bagaimana saya bisa berIman jikalau segala sesuatu berjalan dengan baik? 
Dan mengapa itu semua terjadi kepada saya? 
Balik lagi ke pertanyaan, Bagaimana saya bisa membuat kesaksian jikalau saya tidak pernah mengalami kejadian-kejadian tersebut ? 
Saya sadar bahwa ini merupakan tugas saya untuk menguatkan orang-orang yang memiliki pengalaman seperti saya. 

Seperti yang dikotbahkan Pak Daniel, bahwa reaksi akan timbul ketika ada goncangan. Maka bereaksilah secara positif. Tuhan bisa mengubah skenarioNya ketika kita berdoa, oleh karena itu yang diperlukan adalah PERCAYA dalam lindungan Allah (Mazmur 91), TEKUN giat bekerja untuk kemuliaan Allah, 
Tidak lagi berfokus pada diri sendiri (selfcenter yang artinya membiarkan roh Kain (pembunuh pertama) hidup dalam diri kita) , melainkan peduli kepada sesama, Tidak Pasif yang artinya mau bertumbuh dan mengalami proses kedewasaan rohani. 
   
Pada akhir kotbah, Pak Daniel mengajak jemaat untuk melepaskan pengampunan.

Terima Kasih Tuhan, melalui Pak Daniel, saya bertambah yakin bahwa 
apa yang terjadi sampai hari ini adalah BAIK ^^ 
dan Aku Diberkati untuk Memberkati Orang Lain. 

    

No comments:

Post a Comment