Google Translate

Tuesday, June 9, 2015

Tuhan, Perbaikilah Persahabatanku yang Hancur (Doa oleh Ev.Daud Tony)

Sudah satu bulan ini saya merasa saat teduh saya sudah jauh lebih baik. Selama ini saya sering kesulitan berdoa, tidak fokus dan akhirnya Iman saya jadi goyang. Tak sengaja, pada saat saya mencari buku referensi untuk buku saya, saya menemukan buku doa “ Doa yang mendatangkan Mujizat 2”, saya baca beberapa doa dalam buku tersebut dan waktu itu tidak berniat membeli karena buku tersebut tidak masuk dalam budget.

Dan seperti biasa, saya pun bergumul selama di toko buku, untuk membeli atau tidak. Akhirnya saya kembali ke rak buku doa tersebut dan entah mengapa pilihan saya jatuh kepada seri ke-3, Buku Do tersebut ada 1 s.d 3. Dan akhirnya saya mengambil “Doa yang mendatangkan Mujizat 3” Daud Tony yang masih dalam kondisi diplastik.

Dari dua buku yang saya beli, buku doa yang tiap hari saya baca yang artinya itulah menjadi doa saya. Saya merasa kehidupan doa saya berubah, dan saya merasa yakin Iblis tidak lagi menjadi penghalang dan bahkan tidak lagi mengambil jawaban doa saya.

Ada 31 Jenis Doa dalam buku ini, dan saya memutuskan hanya akan menuliskan satu doa saja. Saya juga bergumul dari 31 ini yang mana yang harus saya tuliskan.

Akhirnya saya memilih untuk menuliskan doa untuk memperbaiki persahabatan yang hancur. Tadi malam, saya di bbm oleh saudara seiman saya dan ia bercerita bahwa rumah tangganya di ambang batas perceraian. Walaupun saya belum menikah, saya bisa membayangkan betapa sakitnya perpisahan itu. Karena saya sendiri pernah merasakan berpisah dengan orang yang paling dekat adalah hal yang tersedih yang pernah saya alami.  

Jika kesulitan berdoa, saya sarankan untuk membeli buku doa sesuai dengan pergumulan kita. Tulisan ini ditujukan kepada diri saya sendiri dan juga bagi yang membutuhkan doa ini tetapi tidak bisa mendapatkan buku doa karena tinggal di daerah. Saya sendiri pernah merasakan kesulitan mendapatkan buku rohani ketika tinggal di daerah kecil.


Melalui tulisan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Ev.Daud Tony, terima kasih telah menolong kehidupan doa saya. Tuhan Yesus Memberkati…. 

Semoga doa ini bisa menggugah Tuhan untuk melakukan mujizat dalam kehidupan kita semua. 


Tuhan, Perbaikilah Persahabatanku Yang Hancur

Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihiNya, kenakanlah belas kasihan,kemurahan,kerendahan hati,kelemahlembutan dan kesabaran. Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mngampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. (kolose 3:12-14)

Bapa di Surga, Engkau adala arsitek dari setiap hubungan dengan sesama. Engkau mnciptakan Adam dan Hawa untuk bersekutu dengan Engkau. Namun demikian, bahkan hubungan itu-hubungan yang paling awal-hancur karena dosa (Kejadian 3). Tetapi melalui PutraMu Yesus, Engkau telah memulihkan hubungan kami dengan Engkau.

Tuhan Yesus, sama seperti Engkau menghancurkan tembok pemisah antara Allah dan manusia, aku memohon kepadaMu untuk menghancurkan tmbok yang memisahkan aku dengan sahabatku. Sama seperti Engkau mengikatkan diriMu denganku, akupun mengikatkan diriku dalam persahabatan ini. Maka aku memohon kepadaMu untuk memperbaiki persahabatan kami yang hancur.

Walaupun ada luka-luka yang telah ditimbulkan dan perkataan-perkataan yang telah diucapkan, aku benar-benar ingin melihat masalah ini diselesaikan. Tetapi di luar Engkau, hal itu tidak akan terjadi. Hancurkanlah benteng-benteng pertahanan yang telah ada di antara kami dan kirimkanlah Sang Penghibur, Roh Kudus, untuk menghibur kami (Yohanes 15:26) untuk mengenakan belas kasihan,kemurahan,kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran,dan kasih, yang merupakan ikatan yang menyempurnakan (Kolose 3:12-14)

Berikanlah kepadaku kapasitas untuk menilai diriku sendiri dengan ukuran iman yang diberikan kepadaku (Roma 12:3) sehingga aku dapat mengambil tanggung jawab atas segala tindakan dan perbuatanku. Aku menyesali adanya kesombongan yang mungkin menjadi salah satu penyebab dalam keretakan hubungan ini. Gantikanlah egoismeku dengan buah Roh (Galatia 5:22-23)

Lembutkanlah hati sahabatku. Dengan kuasa Roh Kudus, berbicaralah kepadanya dan tunjukkanlah kepada sahabatku apapun juga yang telah diperbuatnya yang menjadi penyebab dari perpecahan ini. Biarlah kami mau datang satu kepada yang lain dengan kerendahan hati, memiliki kerinduan untuk tidak hanya didengar, tetapi juga untuk mendengar, mengerti, bertobat dan memulihkan hubungan.

Tuhan, gunakanlah pemulihan hubungan kami sebagai suatu alat untuk membawa kemuliaan bagi namaMu. Biarlah kamu berjalan bersama-sama, bergandengan tangan, untuk menunjukkan kepada dunia kuasa kasihMu yang mengatasi segala konflik.
Dalam Nama Yesus, Amin.


No comments:

Post a Comment